Kapan Hari Kiamat Akan Tiba?

MA’HAD ALYAL-TARMASI, PACITAN – Hari kiamat adalah sebuah kepastian yang akan terjadi, meski waktunya tak ada yang mengetahui. Dalam Islam, keyakinan terhadap hari kiamat merupakan salah satu dari enam rukun iman. Hal ini ditegaskan oleh Syaikh Thahir bin Shalih dalam kitabnya Jawahir Kalamiyah:

اركان العقيدة الإسلامية ستة أشياء وهي الإيمان بالله تعالى والإيمان وملائكته ، والإيمان بكتبه والإيمان برسله والإيمان باليوم الآخر والإيمان بالقدرArtinya: “Rukun akidah Islam itu ada enam, yakni (1) iman kepada Allah, (2) iman kepada malaikat Allah, (3) iman kepada kitab Allah, (4) iman kepada utusan Allah, (5) iman kepada hari akhir, dan (6) iman kepada qadar Allah.”

Baru-baru ini, jagat maya kembali dihebohkan oleh prediksi seorang peramal asal India, Kushal Kumar, yang meramalkan bahwa perang dunia III dan kiamat akan terjadi pada 29 Juni 2024. Prediksi ini ia sampaikan dalam wawancara dengan The Daily Star pada Selasa, 18 Mei 2024.

Sebelumnya, Nostradamus, seorang peramal terkenal dari Prancis, pernah memprediksi kiamat pada 10 Juni 2024, namun ramalan tersebut tidak terbukti. Prediksi-prediksi seperti ini bukanlah hal baru; yang paling fenomenal adalah pada 12 Desember 2012.Namun, tak ada satu pun makhluk yang mengetahui kapan kiamat akan tiba.

Dalam QS. Al A’raf ayat 187, Allah SWT berfirman:يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَArtinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia’.”Rasulullah SAW pernah bersabda tentang kedekatan kiamat dengan masa diutusnya beliau:بعثت انا والساعة كهاتين ويقرن بين اصبعية السبابة والوسطى”Aku diutus (perbandingan antara masa diutusku dengan) hari kiamat adalah seperti ini (sambil menggandengkan kedua jari-jarinya, yaitu jari telunjuk dan tengah).”

Meskipun tidak ada yang tahu kapan kiamat tiba, ada tanda-tanda yang telah disebutkan dalam hadis dan kitab para ulama. Syaikh Amin al-Kurdy dalam Kitab Tanwir al-Qulub menyebutkan beberapa tanda besar yang akan mendahului kiamat:ثم إِذَا تصرم الزمان وقرب يوم القيامة ظهرت له علامات منها العلامات الصغرى التى ظهر منها فى هذا الزمان الكثير ومنها العلامات الكبرى وهي عشر ظهور المهدي وخروج الدجال ونزول سيدناعيسى عليه السلام وخروج يأجوج ومأجوج وخروج الدابة التى تكلم الناس وطلوع الشمس من مغربها وظهورالدخان ويمكث فى الأرض اربعين يوما يصيب الكافر حتى يصير كالسكران ويصيب المؤمن منه كهيئة الزكام وخراب الكعبة على يد الحبشة بعد موت عيسى عليه السلام ورفع القران من المصاحف والصدور ورجوع اهل الارض كلهم كفارا

“Apabila zaman itu hampir berakhir dan hari kiamat telah dekat, maka muncullah beberapa tanda. Di antara tanda itu ada tanda kecil yang telah muncul sebagian besarnya di zaman ini, dan di antaranya ada tanda besar yang jumlahnya ada sepuluh yaitu; munculnya al-Mahdi, keluarnya dajal, turunnya Isa, keluarnya yakjuj makjuj, keluarnya hewan yang dapat berbicara kepada manusia, matahari terbit dari barat, timbulnya asap selama empat puluh hari yang menimpa orang kafir sehingga ia menjadi seperti orang yang mabuk dan menimpa orang beriman sehingga ia menjadi seperti orang yang flu, runtuhnya Ka’bah oleh orang Habasyah setelah Isa wafat, diangkatnya Al-Qur’an dari mushhaf dan dada, serta kembalinya penghuni bumi pada kekufuran.”

Merenungkan tanda-tanda ini, penting bagi kita untuk introspeksi dan bertanya pada diri sendiri, “Apakah kita sudah siap menghadapi hari kiamat?” Wallahu ‘alam. (*)

Penulis: Muhammad Syamsurroziqyn

Editor : Yusuf Arifai

Leave a Comment