Tingkatkan Kualitas Bahasa Arab, Ma’had Aly Al-Tarmasi Pacitan Gelar Kuliah Tamu

MA’HADALYALTARMASI, PACITAN– Ma’had Aly Al-Tarmasi Pacitan menggelar Kuliah Tamu pada Jumat, 10 Agustus 2024. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penguasaan bahasa Arab bagi mahasantri.

Kuliah tamu yang berlangsung di auditorium lantai tiga ini menghadirkan narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr KH Syaiful Musthofa.

Dalam paparan materinya, pria yang juga pengajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Bahasa Arab itu menekankan pentingnya penguasaan bahasa Arab yang baik dan benar selama menempuh kuliah di kampus.

“Keberhasilan dalam menguasai bahasa Arab tidak hanya bergantung pada metode pengajaran di kelas, tetapi juga pada komitmen pribadi dan lingkungan yang mendukung,” katanya.

Menurut Dr Syaiful, niat yang tulus dan semangat yang membara adalah fondasi utama dalam mempelajari bahasa Arab.

“Tanpa adanya motivasi yang kuat, proses belajar akan sulit mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Dr Syaiful menyarankan agar mahasantri membentuk lingkungan berbahasa Arab, meskipun tidak semua orang di sekitar harus menggunakan bahasa tersebut.

“Cukup beberapa orang yang memiliki komitmen, dan bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana latihan. Salah satu caranya adalah dengan membuat grup komunikasi yang seluruhnya menggunakan bahasa Arab,” paparnya.

Lebih lanjut, Dr Syaiful menekankan pentingnya keterlibatan dalam kegiatan positif yang dapat mendukung pembelajaran bahasa Arab.

“Hindari aktivitas yang tidak produktif, termasuk pacaran, yang dapat mengalihkan fokus dari tujuan utama belajar,” tegasnya.

Selain itu, Dr.Syaiful juga menawarkan peluang bagi mahasantri Ma’had Aly Al-Tarmasi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

“UIN Maliki Malang siap menjalin kerja sama dengan Ma’had Aly Al-Tarmasi untuk mendukung para mahasantri yang berminat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya.

Dalam pesannya, Dr Syaiful mendorong mahasantri untuk berani melangkah lebih jauh dan keluar dari zona nyaman mereka. “Jangan pernah takut untuk melangkah lebih jauh. Keluarlah dari cangkang, keluar dari lingkungan yang sempit, dan buka wawasan kalian,” ungkapnya.

Kuliah Tamu ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para mahasantri Ma’had Aly Al-Tarmasi Pacitan untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa Arab baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus. (*)

Penulis : Amalia Nur Eka P

Editor : Yusuf Arifai

Leave a Comment