Isi Liburan Semester, Mahasantri Putri Ma’had Aly Al-Tarmasi Pacitan Ziarah Masyayikh

MA’HADALYAL-TARMASI, PACITAN-Untuk mengisi libur semester, Mahasantri Putri Ma’had Aly Al-Tarmasi Pacitan, Jawa Timur, asrama Paguron Soko Papat, menggelar ziarah Masyayikh Rabu, (16/03/2022).

 

Mahasantri Putri Ma’had Aly Al-Tarmasi, Kamilah mengungkapkan bahwa ziarah masyayikh ini dapat mengingatkan Mahasantri putri pada kematian. Selain mengingat kematian, dengan ziarah pada para masyayikh para Mahasantri putri juga dapat mengambil teladan dari cerita kehidupan para masyayikh yang sudah wafat.

Keturunan Syaikh Yahuda K Mukhoiri (Foto: Kamila/Media MAT)

“Umpamanya Mbah Umar Sahid, mampu membangun puluhan masjid bermodal menjual tumbu. Perjuangan seperti itu bisa kita buat contoh,” katanya.

 

Kamilah menilai, setiap orang yang suka dengan ziarah kepada para Masyayikh akan berbeda dengan yang lain. Dalam kehidupanya pasti lebih baik.

Makam Syaikh Baraqbah (Mbah Brubuh) Pacitan (Foto: Kamilah / Media MAT)

“Hal itu pasti, karena orang yang sering menziarahi para masyayikh pasti akan banyak mengingat kematian dan meneladani yang diziarahi. Yang penting tidak salah dalam niat,” terangnya.

Makam Syaikh Yahuda Ngdirojo Lorog Pacitan (Foto: Kamilah/Media Mat)

Di samping itu, wanita asal Kota Banyuwangi itu mengatakan bahwa ziarah masyayikh kali ini akan kita laksanakan sampai sore.

 

“Tadi pagi kita di Semanten menziarahi KH Abdul Mannan dan Masyayikh di Manten. Nanti kita sambung ke Mbah Umar Tumbu di Donorojo, Syaikh Brubuh di Pacitan dan Syaikh Yahuda di Ngadirojo Lorok,” jelasnya.(*)

Leave a Comment